Cara Menanam Cabe Rawit Di Rumah

Cabe rawit merupakan salah satu tanaman holtikultura yang paling banyak di cari oleh sebagian besar orang. Salah satu fungsi dari tanaman yang satu ini ialah untuk pelengkap bumbu masakan. Menurut catatan dunia hampir 80% masyrakatnya gemar masakan pedas, sehingga membuat kebutuhan akan cabe selalu meningkat.

Bahkan di saat tertentu harga cabe rawit menjadi meningkat, biasanya momen harga cabe rawit meningkat pada saat menjelang hari raya idul fitri, tahun baru, atau pada bulan musim oranb kawinan. Nah bagi yang doyan makanan pedas, naiknya harga cabe rawit sangat memberatkan.

Advertisements

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi tentang cara menanam cabe rawit di rumah. Sebenarnya jika kita amati menanam cabe rawit di rumah bisa kita lakukan di berbagai media, di antaranya seperti berikut:

  • Menanam cabe rawit di polybag
  • Menanam cabe rawit pada halaman rumah
  • Menanam cabe rawit dengan cara hidroponik

Sebelum menanam cabe rawit pertama yang harus kita lakukan yakni membuat bibitnya terlebih dahulu. Langkah – langkah membuat bibit sebagai berikut:

  1. Pilih cabe rawit yang berusia tua dan berkualitas cabe harus bagus dan tidak perpenyakit
  2. Jemur cabe bakal bibit tersebut hingga kering
  3. Masukkan biji cabe pada media, media bisa menggunakan spon, kapas, atau tanah
  4. Selanjutnya basahi dengan air secukupnya
  5. Taruh pada tempat yang teduh hingga bibit mulai berkecambah

Cara menanam cabe rawit di polybag

Advertisements

Isikan media pada polybag, komposisi media tanam tersebut di antaranya seperti tanah, pupuk kandang dan sekam padi dengan perbandingan 3 : 1 : 1. Untuk ukuran polybag sendiri ideal menanam cabe rawit tersebut pada umumnya berukuran diamer 30 cm.

Setelah polybag terisi buat lubang tanam kurang lebih 1 cm kemudian masukkan bibit cabe tersebut di polybag satu persatu. Tanaman cabe ini membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk membantu proses pertumbuhan, oleh sebab itu sebaiknya jangan taruh di tempat yang teduh.

Lakukan penyiraman dengan teratur dan secukupnya, perlu di ketahui jika tanaman cabe ini tidak boleh berlebihan air karena rentan sekali terkena penyakit busuk akar. Selanjutnya lakukan pemupukan, untuk pupuk untuk tanaman cabe kita bisa menggunakan pupuk kompos saja atau juga bisa menggunakan pupuk kimia jenis NPK mutiara.

Rawatlah tanaman cabe tersebut secara intens untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pada umumnya tanaman cabe akan mulai berbuah di usia 2,5 – 3 bulan sejak usia tanam. Sedangkan frekwensi panen berkisar antara 15 – 18 kali (jika kondisi tanaman normal).

Nah, itulah proses menanam tanaman cabe di rumah dengan menggunakan polybag. Sebenarnya untuk proses penanaman tidak begitu sulit. Namun jika anda menginginkan hasil yang optimal ada baiknya jika berkonsultasi kepada pakar tanaman cabe, baik itu kepada petugas pertanian atau ke orang yang lebih berpengalaman menanam tanaman cabe.

 

 

Advertisements

Tinggalkan Balasan