Tips Belajar Mudah Nyaman Dan Menyenangkan

Advertisements

Tips belajar mudah nyaman dan menyenangkan.Menjadi orangtua harus bisa mendidik dan memberikan teladan yang baik untuk anak-anaknya.Banyak hal yang harus kita ajarkan kepada anak sejak dini mungkin,salah satunya yaitu proses belajar.Disekolah mungkin kita sering menyerahkan sepenuhnya proses belajar mengajar kepada guru mereka.Namun itu tidak berlaku jika dirumah.Proses belajar yang baik adalah belajar yang menyenangkan tentunya,dengan proses yang menyenangkan semua akan dengan mudah dipelajari dan akan tersimpan dimemori anak-anak.

Cara melatih anak untuk gemar belajar memang tidaklah mudah,tapi hal itu bisa diwujudkan jika kita para orangtua mengerti akan kemauan dan kemampuan si anak.Berikut kami akan memaparkan sedikit tentang bagaimana mendidik anak sejak dini untuk senang belajar,dengan cara yang mudah,nyaman,dan menyenangkan.

anak

Advertisements
  1. Cukupi peralatan dan kebutuhan untuk menunjang proses belajar.Kita perlu paham apa yang anak kehendaki untuk menunjang proses belajarnya,misalnya meja dan kursi yang nyaman untuk belajar.Pilihlah warna atau corak dari peralatan belajarnya yang mereka suka.Usahakan selalu mendiskusikan apa yang anak perlukan sesuai kemampuan orang tua.Jika tempat dan keadaan situasi dalam proses belajar menyenangkan,itu akan membuat anak betah ditempatnya.
  2. Atur waktu dengan baik.Sebagai orang tua yang menginginkan anaknya pintar sebaikanya juga mengerti keadaan psikis anak juga,artinya disamping anak rutin/disiplin dalam belajar,berikanlah ia kesempatan untuk bermain.Ketahuilah bahwa bermain juga banyak memberikan kontribusi ilmu pengetahuan yang tentunya sangat diperlukan untuk anak itu sendiri.Seimbangkan antara waktu belajarnya dengan buku dan waktu belajarnya dengan lingkungan sekitar.
  3. Pujilah anak dalam keadaan apapun.Tidak ada anak yang bodoh didunia ini,jadi berapapun hasil nilai dari belajarnya jangan marahi anak.Hal seperti ini sangat mempengaruhi psikolog dari anak tersebut.Dan setiap marahan,kekecewaan maupun ejekan dari orang tua akan tetap tersimpan dimemorinya.Ketahuilah bahwa anak tidak ada kesalahan,tapi dari semua itu adalah proses pembelajaran.
  4. Luangkan waktu untuk mendampingi anak belajar.Dengan ikut mendampingi dan mengawasi anak belajar berarti itu adalah bentuk perhatian yang sangat baik untuk lebih dekat dengan anak.
  5. Berikanlah selalu motivasi dan doa yang tidak berhenti.Terus doronglah anak dengan beberapa trik jitu untuk selalu semangat dalam melakukan aktivitas.Jangan lupa doakan anak setiap langkahnya.
Advertisements

Tinggalkan Balasan