Pupuk Mangga Organik Supaya Cepat Berbuah Lebat

Advertisements

Pupuk Mangga Organik Supaya Cepat Berbuah Lebat – Supaya tanaman mangga dapat tumbuh dengan subur serta mampu berbuah lebat dengan cepat dan tidak ada kendala dalam tumbuh kembangnya, sebaiknya tanaman mangga diberikan pupuk Organik. Pupuk organik mangga ini sangat membantu proses pertumbuhan tanaman mangga. Baik itu pertumbuhan dari dalam maupun pertumbuhan dari luar.

Menurut  jenisnya, pupuk yang diberikan pada mangga terbagi atas dua jenis, yaitu pupuk organik dan pupuk anorganik. Apa itu pupuk organik dan apa pula itu pupuk anorganik? Untuk mengetahuinya lebih lanjut mengenai pupuk organik dan pupuk anorganik, mari simak penjelasan di bawah ini.

Pupuk Mangga Organik Supaya Cepat Berbuah Lebat

Pupuk organik merupakan pupuk yang berasal dari sisa-sisa pelapukan hewan, tanaman, atau manusia. Pupuk organik tidak hanya berbentuk padat. Pupuk organik ada juga yang berbentuk cair. Pada umumnya, pupuk organik ini memiliki dua fungsi. Fungsi yang pertama adalah dapat memperbaiki sifat kimia dan fisik.

Advertisements

Pupuk Mangga Organik Supaya Cepat Berbuah Lebat

Sedangkan fungsi yang kedua adalah dapat memperbaiki kondisi biologi tanah. Pupuk organik ini mengandung begitu banyak bahan organik daripada zat haranya. Itulah mengapa pupuk ini diberi nama sebagai pupuk organik. Pupuk organik biasanya terbuat dari limbah dari peternakan maupun pertanian.

Contohnya saja seperti limbah dari sabut kelapa, tebu, jerami, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu limbah yang berasal dari peternakan seperti pupuk kandang. Pupuk kandang ini terbuat dari sisa kotoran dari hewan peternakan tersebut. Namun, tidak seratus persen pupuk kandang merupakan hasil dari sisa kotoran sapi.

Melainkan ada tambahan lainnya yang dipakai sebagai pupuk kandang. Bahan lainnya tersebut ialah tanah. Tanpa dicampur dengan tanah, sisa kotoran ternak bukanlah termasuk pupuk kandang.

Seluruh tanaman sangat membutuhkan pupuk organik ini. Walaupun pupuk organik tidak mengandung zat hara yang tinggi, tapi pupuk organik mengandung bahan organik yang tinggi dan bagus untuk pertumbuhan tanaman tersebut. Tidak terkecuali tanaman mangga. Tanaman mangga sangat membutuhkan pupuk organik ini.Harus anda baca dulu Trik Sukses Ibu Rumah Tangga Yang Berpenghasilan

Lantas, bagaimanakah cara mengaplikasikan pupuk organik dengan tanaman mangga? Cara mengaplikasikan pupuk organik dengan tanaman mangga adalah sebagai berikut.

  1. Untuk tanaman mangga yang berusia dua tahun ke bawah, pupuk yang diberikan adalah 9 kg pupuk organik serta 4 kg pupuk kompos.
  2. Untuk tanaman yang berusia 8 tahun ke bawah, cukup diberikan tepung tulang sebanyak 0,6 kg dan abu sebanyak 3 kg.
  3. Untuk tanaman yang berusia 9 tahun, pemberian pupuk kanddangnya sekitar 45 kg.
  4. Dan untuk tanaman yang berusia diatas 10 tahun, pemberian pupuk kandangnya adalah 95 kg.

Itulah cara pengaplikasian pupuk terhadap tanaman mangga.

Pupuk Mangga Organik Supaya Cepat Berbuah Lebat

Pemberian Pupuk anorganik Tanaman Mangga

Pupuk anorganik merupakan pupuk yang berasal dari buatan pabrik. Artinya, pupuk anorganik ini bukanlah pupuk yang berasal dari alam melainkan buatan manusia. Bahan dasar dari pembuatan pupuk organik ini adalah mineral dan udara. Pupuk anorganik memiliki kandungan beberapa unsur.

Kandungan tersebut seperti kandungan unsur NPK. Ketiga unsur tersebut merupakan unsur yang paling utama di dalam pupuk anorganik. Kebanyakan petani mangga lebih memilih memenuhi kebutuhan unsur NPK tanaman mangga melalui pemberian pupuk anorganik ini.

Cara Alami Merangsang Pembungaan Pada Tanaman mangga

Untuk merangsang pembungaan, banyak cara yang dilakukan oleh pembudidaya mangga. Pasalnya, tidak semua tanaman mangga dapat berbunga dengan cepat. Karena itulah, dengan cara merangsang pembungaan ini, tanaman mangga akan lebih cepat berbunganya.simak juga Memilih Bibit Mangga Unggulan Bagus Di Tanam Pot

Dibandingkan dengan tidak dilakukan perangsangan terhadap pembungaan dengan dilakukannya perangsangan terhadap pembungaan perbedaannya memang sangat jauh sekali. Pembungaannya memang lebih cepat daripada tanaman mangga yang tidak dirangsang pembungaannya.

Mungkin sebagian orang tidak tahu bagaimana caranya merangsang pembungaan. Pada kesempatan kali inilah ktia akan membahas mengenai tips merangsang pembungaan. Ada beberapa cara yang dapat kita pakai untuk merangsang pembungaan. Lantas, apa-apa saja cara untuk merangsang pembungaan? Dan bagaimanakah caranya? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simaklah uraian di bawah ini.

Pupuk Mangga Organik Supaya Cepat Berbuah Lebat

Pencincinan Pada batang Pohon Mangga

Pencincinan merupakan salah satu cara untuk merangsang pembungaan. Cara melakukan teknik pencincinan adalah sebagai berikut.

  1. Persiapkan terlebih dahulu batang yang akan dilakukan pencincinan.
  2. Kupas kulit batang tersebut selebar 12 cm. Ketika sedang melakukan pengupasan kulit, usahakan lakukan pengupasan kulit secara hati-hati. Jangan melakukan pengupasan kulit dengan tergesa-gesa. Hal itu akan mengakibatkan kambium pada batang akan ikut terkupas. Sedangkan kambium pada batang harus tetap tejaga dan tidak boleh tersentuh sedikit saja.
  3. Supaya luka akibat pengupasan tersebut cepat sembuh, berikan pasta penyembuh luka.
  4. Tunggulah hingga beberapa bulan kedepan.
  5. Setelah beberapa bulan, lapisan kambium akan membentuk kulit baru dan juga akan memunculkan bunga pada ketiak daun.

Itulah caara melakukan pencincinan pada tanaman mangga.Tulisan terkait Ciri Fisik Manfaat Mangga Bagi kesehatan Tubuh Dan Pengobatan

Perundukan Pada Tanaman mangga

Cara melakukan teknik perundukan adalah sebagai berikut.

  1. Pilihlah terlebih dahulu tanaman mangga yang akan dilakukan perundukan.
  2. Ikatlah percabangan tanaman mangga dengan tali dengan kuat.
  3. Tali tersebut kemudian ditarik kebawah dan diikat di tempat lainnya sehingga tanaman tampak seperti merunduk.

Itulah cara melakukan perundukan. Dengan melakukan perundukan ini, potensi tanaman akan berbunga sangat besar karena nutrisi yang terkumpul hanya difokuskan pada pembentukan bunga saja.

Pupuk Mangga Organik Supaya Cepat Berbuah Lebat

Pencekikan Pada batang mangga

Cara melakukan pencekikan adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan tanaman mangga yang akan dilakukan pencekikan ini.
  2. Batang tanaman mangga kemudian diikat dengan menggunakan kawat sekitar tiga atau empat ikatan.
  3. Kencangkan ikatan tersebut hingga benar-benar kencang.
  4. Tunggulan hingga beberapa bulan.
  5. Setelah beberapa bulan, tanaman mangga akan memunculkan bunga.
  6. Pada saat bunga telah muncul, lepaskan ikatan kawat tersebut agar proses fotosintesis dari daun ke akar dapat berjalan dengan lancar.

Itulah cara melakukan teknik pencekikan untuk merangsang pembungaan pada tanaman mangga.

Pencacahan pada batang mangga

Teknik pencacahan ini merupakan teknik yang paling banyak dilakukan oleh pembudidaya mangga dalam hal perangsangan bunga mangga. Teknik pencacahan dilakukan dengan cara membacok batang utama dengan menggunakan pisau yang tajam. Setelah beberapa bulan, tanaman mangga akan memunculkan bunga pada tempat yang dilakukan pembacokan tersebut.

Ketika melakukan pembacokan, jangan lakukan terlalu lebar. Cukup dengan ukuran 1 cm saja. Tujuannya supaya tidak terjadi luka yang serius pada tanaman mangga.demikian Pupuk Mangga Organik Supaya Cepat Berbuah Lebat semoga membantu dan berguna.jangan lupa baca Tulisan terkait Lain Cara Alami Membuahkan Tanaman Di Halaman Rumah Secara Cepat

Advertisements

Tinggalkan Balasan