Memilih Bibit Mangga Unggulan Bagus Di Tanam Pot

Advertisements

Memilih Bibit Mangga Unggulan Bagus Di Tanam Pot – Di dalam suatu pembudidayaan, pemilihan bibit mangga merupakan hal yang paling utama setelah penyiapan lahan. Pemilihan mangga bibit ini sangat menentukan bagaimana hasil budidaya kita nanti. Apakah berhasil atau tidak. Apabila bibit yang kita pakai merupakan bibit unggulan, maka tanaman yang akan kita hasilkan akan berkualitas.

Begitu pula sebaliknya. Apabila bibit yang kita pakai untuk membudidayakan mangga adalah bibit yang tidak berkualitas, maka tanaman yang akan kita peroleh juga tidak akan berkualitas. Contohnya saja tanaman mangga. Tanaman mangga yang berkualitas merupakan hasil dari bibit yang berkualitas.

Untuk itulah, sebaiknya ketika ingin membudidayakan tanaman mangga, sebaiknya kita memilih bibit mangga yang benar-benar berkualitas atau unggulan supaya hasilnya juga akan seperti itu.

Advertisements

Memilih Bibit Mangga Unggulan Bagus Di Tanam Pot

Memilih Bibit Mangga Unggulan Bagus Di Tanam Pot

Berbicara mengenai mangga, tanaman mangga merupakan tanaman yang tidak terlalu mudah untuk di budidayakan. Membutuhkan kesabaran yang ekstra untuk membuat mangga yang kita budidayakan berbuah secara sempurna. Secara umum, perbanyakan tanaman mangga dapat dilakukan dengan dua cara.Sangat penting Di baca Investasi Jangka Panjang dengan Budidaya Tanaman Hias

Yaitu dengan cara generatif dan dengan cara vegetatif. Jika kita menggunakan cara pertama yaitu perbanyakan dengan cara generatif, maka untuk menghasilkan buah dibutuhkan waktu yang cukup lama. Sedangkan jika kita menggunakan cara yang kedua yaitu dengan cara perbanyakan vegetatif maka kita tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan hasil buah mangga yang akan kita peroleh.

Untuk memilih antara bibit generatif dengan bibit vegetatif, caranya sangat lah mudah. Jika pada bibit generatif, bibitnya tidak ada bekas sambungan pada ujung pangkal batangnya. Sedangkan untuk bibit generatif, pada bagian ujung pangkal batangnya terdapat bekas sambungan yang sangat jelas.

Tidak hanya itu saja, ada banyak sekali cara membedakan antara bibit vegetatif dengan bibit generatif. Salah satunya adalah dengan melihat tinggi dari bibit tersebut. Umumnya, bibit generatif ukurannya lebih tinggi daripada bibit vegetatif. Pembudidaya mangga lebih banyak memilih bibit vegetatif daripada bibit generatif. Mengapa begitu?

Memilih Bibit Mangga Dari Biji Genaratif VS Vegetatif

Seperti yang telah disebutkan diatas, bibit vegetatif pertumbuhannya lebih cepat dan untuk mendapatkan hasil buahnya lebih cepat daripada bibit generatif. Jika bibit generatif membutuhkan waktu kurang lebih 5-7 tahun untuk menghasilkan buah yang benar-benar sempurna, berbeda halnya dengan bibit vegetatif yang hanya membutuhkan waktu sekitar 2-4 tahun saja sudah bisa dinikmati hasil buahnya.Jangan lupa baca Juga Jenis Tanaman Hias Indoor Dan Cara Budidaya

Memilih Bibit Mangga Unggulan Bagus Di Tanam Pot

Terlepas dari kelebihan bibit vegetatif, ternyata bibit vegetatif juga memiliki kelemahan. Apa-apa saja kelemahan dari bibit vegetatif itu? Kelemahan dari bibit vegetatif adalah perakarannya tidak kuat. Selain itu, jika berbuah, buah yang dihasilkan lebih sedikit. Berbeda halnya dengan bibit generatif.

Bibit generatif ini jika berbuah, buah yang dihasilkan sangat banyak. Namun itu tadi, untuk berbunga dan berbuah dibutuhkan waktu yang  lama yaitu mencapai 5-7 tahun atau bahkan 10 tahun lamanya. Lantas, manakah bibit yang baik, bibit generatif atau bibit vegetatif? Kedua-duanya sangat baik. Tergantung kepada pembudidaya mangga ingin memilih bibit yang akan ingin di budidayakan.

Hal Yang Wajib Di Perhatikan Sebelum memilih Bibit Mangga Unggulan

Sebelum membudidayakan mangga, terlebih dahulu kita dituntut harus memilih mangga yang berkualitas. Bibit inilah yang akan menentukan bagaimana mangga ke depannya. Apakah menghasilkan buah mangga yang berkualitas atau sebaliknya. Untuk itulah, pilihlah bibit mangga yang berkualitas.

Ketika memilih bibit mangga, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Apa-apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih bibit mangga? Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih bibit mangga adalah sebagai berikut.

Karakteristik Bibit mangga

Untuk menentukan karakteristik dari tanaman mangga, kita dituntut untuk harus mengenali lebih dalam mengenai tanaman mangga. Hanya orang-orang yang telah berpengalaman sajalah yang mengetahui  tentang karakteristik dari mangga ini. Disini kita akan membahas mengenai karakteristik dari mangga yang baik.Simak juga Trik Sukses Ibu Rumah Tangga Yang Berpenghasilan

Lantas, bagaimanakah karakteristik dari mangga yang baik itu? Karaktersitik dari mangga adalah sebagai berikut.

Memilih Bibit Mangga Unggulan Bagus Di Tanam Pot

  1. Mangga merupakan jenis tanaman yang memiliki cabang primer sekitar 5 cabang. Disetiap sudutnya, pertumbuhan cabang primer ini merata seluruhnya.
  2. Tanaman mangga umumnya memiliki batang yang berdiri dengan kokoh. Selain itu, bentuk dari mangganya tidak ada cacat sedikit pun dan lurus.
  3. Memiliki percabangan yang seimbang dengan ukuran batangnya.
  4. Bibit mangga harus memiliki diameter sekitar 6 cm.
  5. Daun dari bibit mangga berwarn hijau cerah serta teksturnya yang mulus.
  6. Daunnya rimbun.
  7. Antara batang dengan cabang tidak ada yang saling tindih satu sama lain.

Jika ingin membudidayakan mangga, sebaiknya lihatlah karakteristik dari mangga tersebut supaya mangga yang ita peroleh nantinya merupakan mangga yang berkualitas.

Melihat dari Umur bibit mangga

Setelah mengetahui karakteristik dari bibit yang baik, selanjutnya kita dapat memilih bibit yang baik melalui umur bibit. Bibit mangga yang baik merupakan bibit yang berumur sekitar satu tahun ke bawah. Namun, jika ingin menggunakan bibit yang telah berumur 3-4 tahun juga tidak masalah. Yang terpenting bibit tersebut layak untuk dijadikan sebagai bibit mangga yang berkualitas.

Bibibt yang dijual di pasaran atau toko pertanian biasanya diletakkan di dalam polibag atau tempat lainnya. Umur bibit yang banyak dijual di pasaran merupakan bibit yang berumur 8 bulan hingga 3 tahun ke atas.

Memilih Bibit Mangga Unggulan Bagus Di Tanam Pot

Harga bibit Mangga Dipasaran

Selain karakteristik dan umur bibit, harga bibit juga harus dipertimbangkan. Harga bibit disetiap daerah di Indonesia tidaklah sama. Ada yang harganya murah dan ada pula yang harganya mahal. Akan tetapi, hampir diseluruh daerah di Indonesia, untuk menentukan mahal atau murahnya bibit dapat dilihat dari besar atau kecilnya.

Jika bibit itu berukuran kecil maka harganya akan murah. Begitu pula sebaliknya, jika bibit itu berukuran besar maka harganya mahal. Namun, semuanya tergantung pada layak atau tidak bibit tersebut untuk dikatakan sebagai bibit sehat.

Percuma saja jika bibit tersebut harganya mahal tetapi tidak layak untuk dijadikan bibit. Harga bibit mangga yang paling murah adalah 30.000. Sedangkan untuk bibit mangga yang paling mahal adalah sekitar 60.000.demikian Memilih Bibit Mangga Unggulan Bagus Di Tanam Pot  semoga bisa berguna dan membantu..tulisan terkait lain Rahasia Dibalik Indahnya Bunga Kamboja

Advertisements

Tinggalkan Balasan