Manfaat Sampah Organik Bagi Manusia Agar Tidak Mencemari Lingkungan Hidup

Advertisements

Manfaat Sampah Organik Bagi Manusia Agar Tidak Mencemari Lingkungan Hidup- Apa yang terlintas di benak anda jika mendengar istilah SAMPAH ?….. Pasti jawaban yang pertama kali muncul ialah jijik. Pengertian sampah atau limbah adalah sisa kotoran dari makhluk hidup. di jaman sekarang sampah tetap menjadi masalah yang harus di tangani secara serius, karena masih banyak orang yang tidak perduli terhadap kebersihan lingkungan hidup. Hal inilah yang menjadi faktor utama. Sampah sendiri  di bedakan menjadi dua jenis yaitu Sampah Organik  dan Sampah Anorganik. Apa yang di maksut dengan sampah organik dan sampah anorganik itu?… bisakah sampah di manfaatkan kembali???

Marilah kita simak pembahasan tentang sampah di bawah ini.

Advertisements

 

Pengertian sampah organik yaitu:

Sampah yang berasal dari sisa makhluk hidup yang ada di alam  contohnya sisa dari manusia,tumbuhan dan hewan. Sampah organik ini bisa terurai secara alami oleh bakteri, tanpa adanya campur tangan manusia dengan pemberian bahan kimia jenis apapun dalam proses penguraian. Masalah yang akan di timbulkan oleh sampah organik ini ialah hasil pembusukan sehingga menimbulkan bau busuk yang menyengat dan menimbulkan berbagai penyakit akibat bakteri. Sampah organik tergolong sampah yang ramah lingkungan. Sampah organik ini biasanya di olah kembali untuk di jadikan pupuk organik padat maupun pupuk organik cair.

Berikut beberapa contoh sampah organik yang banyak kita temukan di sekitar rumah  : Daun-daun yang jatuh dari pohon, bangkai hewan, kotoran manusai maupun kotoran hewan, sisa pengolahan makanan manusia dan sisa pengolahan hasil tanaman.

Cara pembuatan pupuk organik padat : Daun (di cacah terlebih dahulu), kotoran hewan dan  siasa makanan (nasi) di kasih  em-4 campur jadi satu, aduk hingga tercampur kemudian masukan ke dalam wadah dan tuttup rapat selama 2 minggu. Setelah itu pupuk bisa di aplikasikan ke tanaman.

 

 

Pengertian sampah an organik yaitu :

Sampah yang berasal dari berbagai macam proses, sampah ini tidak bisa di urai secara alami oleh bakteri. Sampah anorganik merupakan masalah yang terbesar yang harus benar-benar di tangani secara serius, karena pada umumnya sampah ini membutuhkan waktu yang sangat lama untuk proses penguraian. Namun ada juga sebagian sampah an organik yang bisa di manfaatkan kembali, antara lain untuk bahan baku pembuatan kerajinan tangan atau barang keperluan lainya,untuk prosesnya biasanya dengan cara melalui peleburan terlebih dahulu kemudian di cetak kembali sesuai yang di inginkan. Seperti contoh kaleng di lebur kemudian di cetak di jadikan besi hollow, plastik di lebur kemudian di cetak kembali di jadikan mainan, bola plastik, celengan plastik dll.

Berikut  bebrapa contoh sampah an organik yang banyak kita temukan di sekeliling kita : Plastik, kaleng bekas, besi, kaca dal lain sebagainya.

 

Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat bagi saudara….

SELAMAT MENCOBA….

 

 

 

Advertisements

Tinggalkan Balasan