Ciri Lele Sangkuriang Dan Kelebihannya Untuk Budidaya

Advertisements

Ciri Lele Sangkuriang Dan Kelebihannya Untuk Budidaya – Lele sangkuriang merupakan salah satu jenis lele dumbo. Jenis lele sangkuriang ini merupakan lele yang terbaik dari sekian banyak jenis lele dumbo pada umumnya. Lele sangkuriang telah diperkenalkan sejak beberapa tahun yang lalu atau kurang lebih sejak tujuh tahun yang lalu.

Jika kita membaca kata-kata diatas, mungkin kita akan mengira bahwa lele sangkuriang telah banyak dikenal oleh masyarakat karena telah diperkenalkan sejak kurang lebih tujuh tahun yang lalu. Namun kenyataannya bahwa lele sangkuriang sampai saat ini belum banyak yang mengenalnya.

Walaupun sudah bertahun-tahun diperkenalkan tetapi belum banyak yang mengenalnya. Bagi yang mengetahui tentang lele sangkuriang mungkin tidak terlalu mengenal dengan lele jenis ini. Mereka lebih beranggapan bahwa lele sangkuriang ini sama seperti lele pada umumnya dan tidak ada keunggulan-keunggulan lainnya.

Advertisements

Padahal di dalam lele sangkuriang terdapat keunggulan-keunggulan yang tidak dimiliki oleh lele pada umumnya. Hal itulah yang membuat lele sangkuriang tidak terlalu dikenal oleh sebagian masyarakat. Apabila Anda tertarik untuk membudidayakan lele sangkuriang, maka hal pertama yang harus Anda  lakukan adalah mengenal seluk beluk dari lele sangkuriang tersebut.

Ciri Lele Sangkuriang Dan Kelebihannya Untuk Budidaya

Lantas, bagaimanakah seluk beluk dari lele sangkuriang? Untuk mengenal lebih lanjut mengenai seluk beluk lele sangkuriang, simaklah uraian di bawah ini.Penting di baca dulu Jenis Durian Cepat Berbuah Paling Enak Varietas Unggul

Ciri Lele Sangkuriang Dan Kelebihannya Untuk Budidaya

Setiap jenis ikan pasti ada tempat asalnya. Sama seperti lele sangkuriang yang memiliki asal usulnya. Tahukan Anda, darimanakah lele sangkuriang ini berasal? Lele sangkuriang merupakan lele yang berasal dari lele dumbo. Lele dumbo termasuk salah satu jenis lele yang sudah ada di Indonesia.

Lele sangkuriang diperkenalkan di Indonesia sejak beberapa puluh tahun yang lalu tepatnya pada tahun 1980-an. Lele dumbo ini merupakan gebrakan dari lele lokal yang semula tidak memiliki keunggulan-keunggulan. Dengan diperkenalkannya lele dumbo maka terpenuhnya kebutuhan lele yang berkualitas.

Karena lele dumbo memiliki banyak keunggulan dan sudah dikenal oleh masyarakat dengan baik membuat popularitas dari lele lokal menjadi meredup dan tergantikan dengan lele dumbo. Dari tahun ke tahun hanya lele dumbolah yang menempati peringkat teratas dari tingkatan ikan yang paling populer.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu lele dumbo kualitasnya semakin menurun. Menurunnya kualitas lele dumbo dikarenakan seringnya melakukan perkawinan sekerabat serta seleksi induk yang salah. Akibatnya untuk melakukan pemijahan yang digunakan adalah indukan dengan kualitas dengan kualitas yang rendah.Tulisan terkait Budidaya Menanam Melon Dari Biji Polybag Pot Supaya Cepat Berbuah

Karean lele dumbo kualitasnya semakin menurun membuat populeritasnya juga semakin menurun. Akibatnya banyak orang yang prihatin dengan keadaan ini dan mulai memperbaiki kualitas lele dumbo dengan cara mengawin slangkan lele dumbo dengan lele jenis lainnya yang tentunya lebih banyak keunggulan daripada kelemahannya.

Ciri Lele Sangkuriang Dan Kelebihannya Untuk Budidaya

Hasil yang didapatkan dari persilangan lele dumbo adalah lele sangkuriang ini. Lele sangkuriang diperkenalkan sejak 12 tahun yang lalu dan berhasil menduduki peringkat ikan lele paling unggul.

Ciri Fisik Lele Sangkuriang Unggulan

Berbicara mengenai lele sangkuriang, tentunya tak lepas dari ciri fisiknya. Jika dilihat secara sekilas, ciri fisik dari lele sangkuriang sama sepertik lele pada umumnya. Namun, jika kita lihat secara seksama, ciri-ciri fisik dari lele sangkuriang dengan lele jenis lainnya berbeda.Tulisan terkait Cara Menanam Jagung Manis Ala Sistem Pertanian

Lantas, bagaimanakah ciri-ciri fisik dari lele sangkuriang dan terletak pada bagian manakah yang berbeda dari jenis lele lainnya? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simaklah uraian di bawah ini.

Ciri kepala lel Sangkuriang

Untuk mengetahui apakah itu adalah lele sangkuriang kita dapat melihatnya melalui kepala lele tersebut. Ciri-ciri dari kepala lele sangkuriang adalah berbentuk pipih ke bawah. Bisa dikatakan bahwa kepala lele sangkuriang lebih panjang dibandingkan dengan panjang badannya.

Jika diperkirakan, panjang kepala dari lele sangkuriang adalah sepertiga dari panjang tubuhnya. Berbeda dengan lele pada umumnya yang panjang kepalanya lebih pendek sekitar seperempat dari tubuhnya. Seperti lele pada umumnya, kepala pada lele sangkuriang ini terdapat tulang pelat yang cukup keras.

Ciri Lele Sangkuriang Dan Kelebihannya Untuk Budidaya

Di dalam kepala inilah lele sangkuriang bernapas. Di bagian sebelah mulutnya terdapat beberapa sungut. Sungut tersebut terdiri dari sungut nasal yang terdiri dari dua jenis,  sungut maxilar yang terdiri dari dua jenis, sungut bulat dalam yang terdiri dari dua jenis, sungut mandibular luar yang terdiri dari dua jenis.

Ciri badan lele Sangkuriang

Jika dilihat lebih seksama, bentuk badan dari lele sangkuriang dengan bentuk badan dari jenis lele lainnya sangat berbeda. Ciri-ciri dari badan lele sangkuriang adalah pada bagian tengah badan lele tersebut membulat namun pada bagian ujung badannya cenderung pipih kesamping.penting di baca dulu Panen Dan Pembesaran Bibit Lele Sangkuriang Budidaya

Lele sangkuriang tidak memiliki sisik seperti lele pada umumnya. Karena tidak memiliki sisik, jadi badan dari lele sangkuriang ini cenderung lebih licin. Untuk warna badan atau tubuhnya, lele sangkuriang ini memiliki warna khas yaitu warna hitam kehijauan dan memiliki bintik-bintik yang menghiasi kulit lele sangkuriang tersebut.

Ciri sirip dan ekor lele sangkuriang

Sirip dan ekor lele sangkuriang hampir sama dengan lele dumbo jenis lainnya. Ciri-ciri dari sirip dan ekor lele sangkuriang adalah memiliki tiga buah sirip tunggal. Sirip tunggal tersebut terdiri dari sirip dubur, sirip penggung, serta sirip ekor. Tidak hanya itu, lele sangkuriang juga memiliki sirip yang berpasangan.

Sirip yang berpasangan tersebut terletak di sirip perut dan juga terletak di sirip dada. Biasanya lele sangkuriang bergerak dengan sirip. Sirip yang digunakan untuk alat bantu gerak adalah sirip dada. Tidak hanya dapat bergerak di air saja, tetapi lele sangkuriang juga dapat bergerak di darat.

Lele sangkuriang bergerak di darat juga dengan menggunakan sirip dada. Jadi, kegunaan sirip dada sangat berguna sebagai alat bantu bergerak.

Lele sangkuriang memiliki ekor yang bentuknya seperti kipas. Sebenarnya ekor tersebut merupakan bagian dari sirip. Tetapi lebih dikenal dengan ekor.sekian Ciri Lele Sangkuriang Dan Kelebihannya Untuk Budidaya semoga bisa bermanfaat..Jangan lupa baca tulisan terkait lain Belajar Sukses Budidaya Benih Lele Sangkuriang Kolam Terpal

Advertisements

Tinggalkan Balasan