Cara Perawatan Pohon Kopi Yang Mudah

Advertisements

Cara Perawatan Pohon Kopi Yang Mudah-kopi merupakan hasil perkebunan yang banyak dicari oleh pasar, tidak hanya di pasar dalam negeri saja pasar kopi hingga ke pasar dunia. Dilihat dari nilai harga jual yang tinggi tak heran lebih dari 30 negara membudidayakan tanaman kopi ini. Bahkan indonesia termasuk bagian negara pemasok kopi terbesar di dunia.

 

Ada dua varietas pohon kopi yang terkenal di indonesia yaitu kopi Robusta (Coffea canephora) dan kopi Arabika (Coffea Arabica). Perbedaan kedua varietas ini terletak pada bentuk biji dan cita rasa kopi. Dilihat dari bentuk biji kopi robusta cenderung bulat, sedangkan biji kopi arabika cenderung lonjong. Untuk perbedaan cita rasa biji kopi Robusta mempunyai rasa netral, jika sebelum di sangrai aroma kacang-kacangan sangat kuat, sedangkan biji kopi arabika mempunyai perpaduan rasa manis, lembut dan aroma yang tajam.

 

Indonesia memiliki iklim yang ideal untuk perkebunan kopi, terutama di daerah Jawa, Sumatera dan Sulawesi. Perkebunan kopi sangatlah menjanjikan karena pohon kopi termasuk tanaman tahunan yang usia produktif bisa mencapai puluhan tahun, untuk proses perawatanya pun tak se rumit tanaman yang lainya. Disini saya akan membahas tentang bagaimana cara menanam dan Cara Perawatan Pohon Kopi Yang Mudah. Hal apa saja yang perlu di siapkan??? marilah kita simak uraian di bawah ini :

Advertisements

Persiapan lahan :

  • Kita harus mempersiapkan lahan terlebih dahulu sebelum melakukan penanaman. Pada setiap tanaman tentunya mempunyai syarat hidup yang berbeda-beda. Yang perlu di ketahui tanaman kopi menginginkan tanah yang gembur dan kaya akan bahan organik dan keasaman tanah berkisar 5-6,5 Ph, sebaiknya satu lahan di satu jenis tanaman (jangan tumpang sari).

 

Pemilihan jenis varietas yang di inginkan :

  • Kita harus menentukan varietas mana yang akan kita tanam, karena di setiap varietas tentunya berbeda nilai jual di pasaran.

 

Persiapan bibit :

  • Pilih bibit yang bersih dari kotoran
  • Bentuk dan ukurannya seragam satu sama yang lainnya
  • Bibit sehat dan pertumbuhan normal
  • Batang kokoh
  • Bibit memiliki per akaran yang sempurna
  • Dan yang tak kalah penting bibit harus berasal dari indukkan yang jelas

 

Penanaman bibit :

  • Sebaiknya buat lubang tanam 6 bulan sebelum penanaman. Ukuran lubang tanam 50 x 50 x 50 cm, tanah hasil galian di campur dengan pupuk kompos dan dolomit. Setelah itu kembalikan tanah tidak usah di padatkan.
  • Jarak tanam sebaiknya 3 x 3 meter untuk varietas robusta dan 2,5 x 2,5 meter untuk varietas arabika.
  • Selanjutnya tanam bibit kopi dan beri ajir agar bibit tidak roboh jika di terpa angin.

 

Setelah semua tahapan ter lewati selanjutnya menginjak bagian Cara Perawatan Pohon Kopi Yang Mudah. Ada beberapa tahap yang akan kita lakukan antara lain :

  1. Penyiraman di butuhkan jika intensitas turun hujan rendah.
  2. Penyulaman jika ada bibit yang mati. Tahap ini di lakukan setelah usia tanam menginjak ke 6 – 7 bulan.
  3. Pemupukan di berikan 2 kali per tahun untuk pupuk organik/kompos dengan dosis 30 kg per pohon, sedangkan pupuk kimia npk di berikan setahun sekali pada saat musim hujan dengan dosis 1 kg per pohon.
  4. Penggemburan lahan di lakukan setahun 2 kali pada saat menjelang musim hujan dan di akhir musim hujan.
  5. Pengendalian hama penyakit di lakukan pada saat bibit mulai di tanam. Sebaiknya minimal seminggu sekali di lakukan observasi bertujuan untuk mengetahui perkembangan tanaman, jika ada pohon yang terserang penyakit bisa segera teratasi.

Mungkin cukup sekian yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat bagi saudara….

 

Advertisements

Tinggalkan Balasan