Cara Perawatan Bibit Durian Supaya Cepat Besar Subur

Advertisements

Cara Perawatan Bibit Durian Supaya Cepat Besar Subur – Di dalam penanaman tanaman durian, benih merupakan penentu bagaimana durian tersebut kedepannya. Apakah akan menghasilkan durian yang berkualitas atau malah sebaliknya. Untuk menghasilkan tanaman durian yang berkualitas, petani durian dapat melakukan pemeliharaan pada benih durian.

Apakah pemeliharaan pada bibit durian ini perlu dilakukan? Pemeliharaan pada benih/bibit durian ini perlu dilakukan. Tujuannya adalah agar pertumbuhan benih tersebut dapat berjalan dengan lancar dan dapat tumbuh menjadi tanaman durian muda yang baik.

Di dalam pemeliharaan bibit durian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Tidak sekedar diperhatikan saja tetapi juga harus dilakukan. Dan beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan ketika memelihara benih durian diantaranya adalah sebagai berikut.

Advertisements

Cara Perawatan Bibit Durian Supaya Cepat Besar Subur

Cara Perawatan Bibit Durian Supaya Cepat Besar Subur

Bibit memerlukan air untuk memenuhi kebutuhannya akan air. Air tersebut bisa didapatkan oleh durian melalui hujan. Apabila air hujan tidak mencukupi kebutuhan benih durian, sebaiknya penyiraman secara langsung dapat dilakukan. Penyiraman pada benih durian yang baik dilakukan satu kali dalam sehari yaitu pada pagi atau pada sore hari.Wajib Di baca 14 Jenis Varietas Durian Lokal Unggul Harga Mahal

Hindari melakukan penyiraman pada siang hari karena pada saat siang hari sinar matahari seang terik dan tidak baik jika dibarengi dengan melakukan penyiraman. Pada saat musim kemarau, sebaiknya penyiraman dapat ditingkat lagi dua kali dalam sehari. Penyiraman dua kali sehari dapat dilakukan setiap pagi dan sore hari.

Cara melakukan penyiraman pada benih durian adalah dengan menyiramkan langsung air pada permukaan media secara hati-hati de ngan kecepatan airnya yang secukupnya. Penyiraman yang baik dilakukan hingga benar-benar air tampak mengalir dari lubang polibag pada bagian bawah.

Melakukan pemangkasan Pada Bibit Durian

Benih durian juga perlu dipangkas. Tujuan dari pemangkasan benih durian adalah untuk membentuk bakal tajuk. Tidak hanya itu saja, pemangkasan juga bertujuan untuk membuang cabang serta ranting yang akan mengganggu pertumbuhan tanaman kedepannya. Cara melakukan pemangkasan pada benih durian adalah sebagai berikut.Simak juga Doyan Buah Durian Ini 7 Fakta Uniknya

  1. Benih yang sudah memiliki tunas air, ranting sakit, cabang yang menyaningi batang utama, tunas yang ada pada bagian bawah, serta ranting yang terlalu banyak dapat dilakukan pemangkasan.
  2. Pemangkasan dapat dilakukan dengan menggunakan gunting pangkas.
  3. Pemotongan cabang paling tidak satu hingga dua cabang. Setelah itu, pemangkasan dapat dilakukan musim berikutnya.
  4. Bekas potongan tersebut dapat dikumpulkan dan bisa dijadikan sebagai kompos.
  5. Batang atau cabang yang telah dipotong dapat diolesi fungisida untuk memulihkan bekas luka akibat pemangkasan.

Itulah cara melakukan pemangkasan pada benih durian.

Melakukan pemupukan Bibit durian

Benih durian sangat membutuhkan pupuk supaya asupan nutrisinya dapat terpenuhi. Pupuk merupakan sumber nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh benih durian. Pupuk yang diberikan dapat berupa pupuk NPK atau jenis pupuk lainnya.

Diantara jenis pupuk lainnya, jenis pupuk NPK ini paling banyak digunakan karena pupuk NPK telah mencakup seluruh kebutuhan yang dibutuhkan oleh benih durian.Inilah Cara Perawatan Bibit Durian Supaya Cepat Besar Subur Tulisan terkait lain Durian Paling Besar Di Dunia Ini Jenis Namanya

Advertisements

Tinggalkan Balasan