Cara Meningkatkan Hasil Panen Kopi Yang Melimpah

Advertisements

Cara Meningkatkan Hasil Panen Kopi Yang Melimpah-Apakah anda seorang petani kopi?.. Bagaimana dengan hasil panen kebun kopi yang anda miliki, sudahkah sesuai dengan harapan anda?…. Baik.. saya ucapkan selamat bagi yang sudah mencapai hasil maksimal. Bagi anda yang belum tercapai hasil panen yang maksimal tak usah kecil hati, tetap semangat ya kawan.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana Cara Meningkatkan Hasil Panen Kopi Yang Melimpah. Jika kita menginginkan hasil panen yang maksimal tentunya hal yang paling di perhatikan ialah bagaimana sikap kita terhadap tanaman, apakah kita sudah memperlakukan tanaman  tersebut dengan maksimal apa belum?.. apabila bila perlakuan kita terhadap tanaman asal-asalan tidak menutup kemungkinan hasil yang akan kita dapat juga asal-asalan. Lain cerita lagi, apabila perlakuan kita terhadap tanaman sudah maksimal, mungkin hasil yang akan kita peroleh nantinya juga maksimal. Jangan heran kawan, mungkin ini yang di sebut hukum alam.

Advertisements

 

Hal seperti apa sajakah yang perlu di perhatikan dalam berkebun kopi, marilah kita simak ulasan di bawah ini:

Pemilihan bibit :

  • Pemilihan bibit sebelum penanaman sangatlah perlu di perhatikan, hal ini akan mengacu kepada kemampuan untuk produksi panen nantinya. pipilhlah bibit yang sehat bebas dari penyakit, perakaran yang bagus, bersih dari kotoran dan bibit berasal dari induk yang jelas.

Persiapan lahan :

  • Persiapan lahan meliputi penentuan dimana letak bibit kopi akan di tanam. Sebelum bibit di tanam terlebih dahulu buat lubang tanam, untuk ukuran lubang tanam 60 x 60 x 60 cm. tanah galian jangan langsung di kembalikan ke lubang, melainkan di campur terlebih dahulu dengan 5 kg dolomit dan 50 kg pupuk kompos.

Perawatan tanaman meliputi :

  1. Penyiraman : Penyiraman tanaman jika di perlukan, biasanya di lakukan pada saat musim kemarau.
  2. Pemberian pupuk organik maupun pupuk kimia : Dosis yang di berikan 30 kg untuk pupuk organik dengan cara di sebarkan di area batang pohon, sedangkan pupuk kimia di berikan dengan dosis 5 kg per tahun dengan cara di kubur di sekitaran batang pohon.
  3. Pengendalian hama dan penyakit : pada tanaman kopi termasuk langkah penting yang harus di lakukan, hama yang dapat menyerang tanaman kopi meliputi pennggerek batang dan jamur hitam, segeralah lakukan pengobatan jika tanaman kopi terserang penyakit tersebut.
  4. Pemangkasan cabang : Setelah panen selesai hendaklah di lakukan pemangkasan cabang, hal ini bertujuan untuk peremajaan dan perbanyak  persemaian.
  5. Pemberian perangsang buah: Langkah ini di maksud untuk memberikan nutrisi tambahan yang khusus berorientasi ke pembuahan. Sebelum menentukan produk silahkan datang ke toko pertanian terdekat untuk konsultasi tentang produk mana yang cocok untuk tanaman kopi. Gunakan perangsang buah tersebut sesuai aturan pakai.

 

Mungkin sekian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat bagi anda….

 

 

 

Advertisements

Tinggalkan Balasan