Cara Mendidik Anak Tumbuh Mandiri Dan Pekerja Keras

Advertisements

Cara Mendidik Anak Tumbuh Mandiri Dan Pekerja Keras.Banyak cara dan tips jitu untuk menumbuhkan sikap mandiri dan pekerja keras pada anak.Dan cara yang tepat dapat dilakukan sejak awal anak-anak mampu menerima dan paham akan sikap mandiri dan pekerja keras.Pada anak usia 2 tahun keatas biasanya anak sudah diajarkan sikap bertanggungjawab dan ini adalah langkah awal yang baik.Namun mendidik anak untuk mandiri dan menjadi anak yang bekerja keras mungkin baru mampu diajarkan saat anak menginjak usia 3 tahun keatas.

Berikut adalah tips untuk menumbuhkan anak menjadi pribadi yang mandiri dan pekerja keras:

Cara Mendidik Anak Tumbuh Mandiri Dan Pekerja Keras

Advertisements
  1. Perhatikan lingkungan.Tidak dapat dipungkiri bahwa keadaan lingkungan sangat mempengaruhi perkembangan anak.Sebelum mereka belajar tentang kebaikan dirinya sendiri anak akan memperhatikan keadaan lingkungan dan akan belajar dari lingkungan tersebut.Disini orang tua adalah faktor utamanya.Bukan rahasia lagi bahwa apa yang dilakukan orang tua baik maupun buruk sedikit banyak nanti akan dicontoh oleh anak-anak kita,karena orang tua adalah guru awal untuk mereka.Maka upayakan sebagai orang tua anda harus bersikap dan berbicara yang baik seperti apa yang anda inginkan untuk kebaikan anak kita.
  2. Terapkan disiplin.Ajarkan dan berikan contoh anak untuk selalu menghargai waktu.Dalam hal ini memang peran ibu yang paling menentukan,anda harus tegas apabila memang hal ini diperlukan.Seimbangkan waktu bermain dengan belajarnya.Selalu sisipkan nilai-nilai kemandirian setiap kali aktivitasnya.Biasakan anak untuk berlatih dan selalu mencoba.
  3. Libatkan anak dalam beberapa aktivitas.Sebenarnya anak akan senang jika mereka dilibatkan dalam hal-hal kecil yang mereka mampu untuk melakukannya,Cobalah untuk membiasakan anak berusaha bisa dan mampu melakukannya sendiri.Mulailah dari hal sederhana,misalnya makan dan minum sendiri,melepas dan memakai baju sendiri dll.Dengan berjalannnya waktu ajarilah anaka untuk membantu aktivitas orang tua,misaknya jika perempuan mereka bisa membantu bundanya didapur sedangkan jika cowok mulai dikenalkan dan diajari aktivitas ayahnya dirumah.
  4. Hargailah usaha yang anak ciptakan.Anak-anak akan merasa senang jika mereka mendapat pujian walaupun apa yang mereka lakukan kurang sempurna.Pujilah anak dengan porsi yang pas dan cukup menyenangkan.Kalaupun ada sesuatu yang perlu diluruskan usahakan memakai kata-kata yang tidak mengecilkan semangat mereka untuk mencoba kembali.

 

Advertisements

Tinggalkan Balasan