MENGENAL JENIS PISANG DAN CARA MENANAM YANG BENAR

Advertisements

Indonesia merupakan penghasil buah pisang terbesar di dunia,di indonesia sendiri terdiri berbagai jenis varietas pohon pisang.apa saja  jenis varietas pisang yang ada di indonesia marilah kita amati bersama ulasan di bawah ini:

MENGENAL JENIS PISANG DAN CARA MENANAM YANG BENAR

  • Pisang ambon hijau

Ciri-ciri dari pisang ambon hijau yaitu biasanya besar buah bekisar 15-20 cm,warna kulit pisang berwarna hijau ke kuningan dan ada bintik bintik hitam di kulitnya,aromanya kuat dan dagingnya luna dan rasanya manis.biasanya per tandan beratnya mencapai 14 – 18 kg,dan jumlah sisir(lirang dalam bahasa jawa) mencapai 8 – 10.untuk setiap sisir(lirang) sebanyak 20 buah.buah ini biasanya di gunakan untuk kasih makan bayi.

Advertisements
  • Pisang tanduk

Ciri-ciri dari pisang jenis ini adalah buahnya besar lurus seperti tanduk,maka dari itu pisang ini di sebut pisang tanduk.kulit dari pisang ini berwarna cokelat kemerahan dagingnya berwarna putih agak kemerahan.biasanya pertandan bobotnya sekitar 8 – 10 kg.satu tandan berisi 3 sisir (lirang),untuk setiap sisirnya biasanya terdiri dari 10 buah.

  • Pisang mas

Ciri-ciri dari pisang ini adalah buahnya relatif berukuran kecil kecil,kulit berwarna kuning kecoklatan.kulit pisang ini tipis,dagingnya lunak dan rasanya sangat manis.buah pisang ini biasanya berukuran 7 – 12 cm.untuk per tandan terdiri dari 6-10 sisir,untuk setiap sisirnya terdiri dari 13- 17 buah.

  • Pisang kepok

Ciri-ciri dari pisang ini adalah bentukya agak pipih,warna kulitnya kuning penuh,dalam setiap tandan biasanya terdiri dari 10-16 sisir,untuk setiap sisirnya terdiri dari 13-19 buah.pisang ini biasanya enak jika setelah di rebus dahulu atau di buat hidangan masakan kolak pisang.

Cara menanam pohon pisang sangatlah mudah,bagimana caranya marilah kita amati uraian di bawah ini:

  1. Persiapan lahan tanam: Buat lubang tanam berukuran 30 x 30 x 30 cm.campur jadi satu tanah galian dengan pupuk kompos dan 1 kg kapur dolomit.
  2. Pilih bibit pisang yang berasal dari pertunasan,sebaiknya pilih tunas yang indukanya sehat dan mampu berbuah baik.pilih bibit yang tingginya 1 meter.
  3. Setelah lubang tanam dan bibit pisang  tersedia masukan tanah hingga setengah memenuhi lubang,terus masukan bibit dan kubur hingga memnuhi lubang.

Buah pisang bisa di panen jika usia buah mencapai 100 -120 hari ,buah yang siap panen biasanya di tandai dengan menguningnya salah satu buah pisang karena usia panen.

Advertisements

Tinggalkan Balasan