Cara Membuat Pupuk Organik Dari Kotoran Sapi

Advertisements

Mengingat Harga pupuk kimia semakin mahal tidak ada salahnya apabila mulai beralih ke pupuk organik. Di samping murah pupuk organik buatan sendiri ini juga ramah terhadap lingkungan.

Meskipun banyak manfaatnya penggunaan pupuk organik dari kotoran sapi masih enggan di lakukan para petani. Hal ini tak lain karena minimnya informasi tentang cara pembuatan pupuk organik dari kotoran sapi tersebut.

Selain minimnya informasi tentang cara pembuatan, pola pikir petani juga perlu sedikit di rubah. Kebanyakan petani beranggapan jika menggunakan pupuk organik hasil tanaman tidak akan bagus. Padahal sebenarnya pupuk organik memiliki kualitas baik untuk pemberian nutrisi yang di butuhkan oleh tanaman. Hanya saja reaksi yang di timbulkan pupuk organik lebih lambat jika di bandingkan dengan pupuk kimia.

Advertisements

Nah bagi yang memiliki bahan pupuk organik atau kotoran sapi yang melimpah, tidak ada salahnya jika mencoba membuat pupuk organik sendiri. Apabila anda belum tahu cara pembuatan pupuk organik dari kotoran sapi ini, simak terus artikel hingga selesai ya.. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang Cara Membuat Pupuk Organik Dari Kotoran Sapi.

Dalam proses pembuatan pupuk organik ini apa saja yang perlu di siapkan? selengkapnya silahkan simak ulasan di bawah ini:

Alat dan Bahan pembuatan pupuk organik kotoran sapi:

  • EM4
  • Kotoran sapi
  • Jerami
  • Terpal atau plastik sebagai penutup

Cara pembuatan:

1. Aktifkan terlebih dahulu sehari sebelum pembuatan pupuk organik, cara mengaktifkan Em4 tersebut sangat mudah yaitu:

  • Ambil 1,5 liter air kemudian campur dengan 3 – 4 sendok gula pasir
  • Setelah itu tambahkan juga 2 – 3 tutup botol Em4 di larutan gula tersebut
  • Selanjutnya kocok hingga tercampur, lalu diamkan selama satu malam sebelum di gunakan

2. Silahkan ambil jerami secukupnya, kemudian cacah jerami tersebut untuk mempermudah pengomposan

3. Ambil kotoran sapi dan jerami dengan perbandingan 50 : 50, Selanjutnya silahkan aduk – aduk hingga merata

4. Hamparkan ke atas lantai, Kemudian perlahan – lahan sirami larutan Em4 di atasnya. Lakukan secara bertumpuk keatas(berlapis)

5. Terakhir tutup campuran tersebut dengan terpal atau plastik yang telah di siapkan, beri beban sisi pinggir penutup agar tidak mudah tersingkap

6. Biarkan proses pengomposan kurang lebih selama 1 bulan. Tiap 3 hari sekali buka penutup kemudian aduk – aduk bahan kompos tersebut

7. Pupuk organik kotoran sapi sudah jadi dan siap di Aplikasikan ke tanaman jika kondisi pupuk tidak menggumpal, Tidak berbau kotoran pupuk berwarna ke hitam – hitaman

Perlu anda ketahui jika hasil uji kandungan unsur hara dari metode pembuatan pupuk kompos dari kotoran sapi di atas adalah sebagai berikut:

  • C-Organik 27,31%
  • Nitrogen 1,69%
  • Fosfor 0,64%
  • Kalium 2,95%
  • ph 7,23
  • C/N rasio 16,22

Bagaimana sampai saat ini sudah paham kan? jika sudah paham ayo jangan ragu untuk menggunakan pupuk organik buatan sendiri. Dengan menggunakan pupuk organik secara tidak langsung kita ikut menjaga kelestarian alam. Di samping itu bertani dengan modal sedikit hasil yang melimpah.

Semoga Artikel ini bermanfaat.

 

 

 

 

Advertisements

Tinggalkan Balasan