Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Daun Yang Murah Dan Ampuh

Advertisements

Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Daun Yang Murah Dan Ampuh-Pada umumnya jika seseorang menyapu halaman sampah / kotorannya pasti buang atau di bakar di tempat. Sebenarnya sayang loh jika bi uang begitu saja, apakah anda tidak berfikir kalau sampah tersebut bisa manfaatkan lagi.

 

Sampah di bagi menjadi 2 bagian yaitu sampah organik dan anorganik. Apakah yang di maksud dengan sampah organik dan sampah anorganik marilah kita simak penjelasan di bawah ini :

Advertisements

 

Sampah organik :

  • Sampah organik adalah sampah / kotoran berasal dari makhluk hidup, sampah ini bisa ter urai secara otomatis dengan proses alami tanpa bantuan zat kimia. sampah jenis ini bisa di manfaatkan lagi untuk pupuk organik ( tentunya melalui proses fermentasi ) yang termasuk kategori sampah organik antara lain : Daun / ranting pohon, kotoran hewan, kotoran manusia, sisa makanan manusia dan lain-lain.

Sampah anorganik :

  • Sampah anorganik adalah sampah yang berasal dari sisa proses / hasil produksi pabrik. Sampah jenis ini tidak bisa ter urai secara alami, sampah anorganik bisa di manfaatkan lagi dengan cara melalui proses kembali. Hasil dari daur ulang sampah anorganik antara lain vas bunga plastik, ember dll. Yang termasuk dalam kategori sampah anorganik meliputi : kaleng, plastik , besi dan lain-lain. 

 

Disini saya akan membahas tentang Cara Membuat Pupuk Kompos Dari Daun Yang Murah Dan Ampuh. Seperti apa prosesnya ,Apa saja alat  dan bahan baku yang harus kita siapkan  :

 

Alat yang di butuhkan antara lain :

  1. Ember : 1 buah.
  2. Cangkul : 1 buah.
  3. Golok : 1 buah.
  4. Terpal : 1 lembar.

 

Bahan yang di butuhkan meliputi :

  1. Daun kering / basah : 1 ton
  2. Kotoran kambing : 100 kg
  3. Pupuk urea : 1 kg
  4. Stardec / mikroba pengurai : 1 buah
  5. Air : 10 liter

 

Apabila semua alat dan bahan baku sudah tersedia, sekarang menginjak ke langkah berikutnya yaitu proses pembuatan. Bagaimana caranya marilah kita simak uraian di bawah ini :

Langkah pertama :

  • Ambil daun yang sudah di sediakan tadi kemudian cacah ( tidak perlu lembut ) daun dengan golok.

Langkah kedua :

  • Masukkan pupuk urea ke dalam ember kemudian larut kan dengan air.

Langkah ketiga :

  • tumpuk secara bertahap di mulai dari yang paling bawah kotoran kambing secukupnya, Tumpukan kedua daun secukupnya, siram dengan larutan urea tadi. kemudian taburi dengan serbuk stardec.
  • Lakukan penumpukan semua bahan dengan cara yang sama seperti di atas hingga semua bahan habis. Jika semua bahan telah ter tumpuk, silahkan tutup dengan terpal. Pastikan tertutup rapat, hal ini bertujuan supaya terbebas dari sinar matahari dan air hujan.
  • Setiap 3 hari sekali pupuk di bolak balik lakukan selama 2 minggu.

 

Jika pupuk berubah menjadi remah dan sudah tidak berbau kotoran lagi, itu tandanya pupuk sudah jadi. Angin-anginkan pupuk tersebut jika saat di pegang tidak terasa panas lagi, berarti pupuk siap di gunakan.

 

 

Advertisements

Tinggalkan Balasan