Bagaimana Cara Menanam Buah Naga Agar Cepat Berbuah

Advertisements

Bagaimana Cara Menanam Buah Naga Agar Cepat Berbuah- Buah naga selain bentuknya yang unik ternyata memiliki rasa yang sangat manis dan mempunyai sejuta manfaat, karena buah naga banyak mengandung vitamin yang di butuhkan oleh tubuh manusia.

Buah naga tergolong tanaman jenis kaktus buah naga terkenal berasal dari asia tenggara, padahal yang sesungguhnya buah ini berasal dari meksiko dan di kembangkan di daratan asia.  Di indonesia sendiri buah naga mulai trend di budidaya kan pada tahun 2000, dulu awal masuk ke indonesia di bawa oleh penghobi bunga dari thailand.

Tidaklah sulit untuk menanam buah naga, buah yang satu ini bisa di tanam di lahan yang luas atau bisa juga di tanam di dalam pot. Apabila anda ingin mendapatkan hasil panen yang maksimal tentunya penanaman buah naga di lahan yang luas, selain itu juga harus di iringi dengan persiapan yang matang dan penanganan yang serius.

Advertisements

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang Bagaimana Cara Menanam Buah Naga Agar Cepat Berbuah, apa sajakah yang perlu kita siapkan marilah kita simak penjelasan di bawah ini :

  1. Persiapan lahan tanam
  2. Persiapan bibit unggul
  3. Penanaman bibit
  4. Perawatan tanaman

Persiapan lahan tanam :

Buah naga membutuhkan tanah yang gembur untuk proses pertumbuhan akar, jadi sebelum penanaman tahap pengolahan tanah sangat menentukan hasil produksi nantinya. Untuk pengolahan lahan tanam ada beberapa tahap yang harus di lakukan yaitu :

  1. Pembuatan lubang tanam dengan ukuran 50 x 50 x 50 cm, lubang tanam di buat 2 bulan sebelum penanaman. Lubang tanam biarkan terbuka agar oksigen bisa masuk dan biar terkena sinar matahari, hal ini bertujuan agar lubang tanam steril dari bakteri yang tidak menguntungkan.
  2. Tanah galian tadi campur dengan 20 kg pupuk kandang, 5 kg dolomit, 5 kg bubuk batu merah, Aduk hingga semua komposisi tadi tercampur.
  3. Apabila lubang tanam sudah 2 bulan lamanya silahkan anda isi dengan tanah.
  4. Pasang cagak untuk rambat ( bisa dari beton atau bisa dari batang pohon yang kuat )

Persiapan bibit unggul :

Anda harus benar benar memilih bibit mana yang akan di tanam, apabila kita salah dalam pemilihan bibit akan mempengaruhi pertumbuhan, syarat bibit unggul meliputi :

  1. Bebas dari penyakit.
  2. Pilih batang yang sudah tua.
  3. Pilihlah batang yang sudah pernah berbuah.

Penanaman bibit :

Cara penanaman bibit buah naga tidak perlu terlalu dalam cukup 20 % dari panjang bibit yang akan di tanam, apabila panjang batang 50 cm maka yang akan di tancap hanyalah 10 – 15 cm saja. Untuk teknik penanaman sebagai berikut :

  1. Sebelum di tancap terlebih dahulu oles dengan bawang merah, selain mencegah kebusukan bawang merah termasuk perangsang akar yang alami.
  2. Gali dengan cangkul tancap bibit lalu kubur dengan tanah lalu kemudian ikat pada tiang penyangga.

Perawatan tanaman :

cara perawatan sangat mudah yaitu :

  1. Pendangiran di lakukan setahun sekali di awal musim hujan.
  2. penyiraman di butuhkan apabila kekurangan air di musim kemarau.
  3. Pemberian pupuk kompos dengan dosis 20 kg per batang dan penambahan nutrisi perangsang buah setahun sekali.

mungkin cukup sekian, semoga bermanfaat..

 

Advertisements

Tinggalkan Balasan